5 Tanda Kamu Bisa Pakai Utang Cicilan 6 Bulan

Kebutuhan akan adanya dana darurat mendadak, sudah menjadi bagian dari sebagian besar masyarakat Indonesia. Dan tentunya kondisi seperti ini sangat terbantu sekali dengan adanya utang dengan cicilan 6 bulan yang bisa dibilang cukup praktis dan mudah. 

Berbeda dengan pinjaman di bank pada umumnya, yang biasanya membutuhkan syarat yang lebih ketat. Walau demikian, tidak semua orang yang mengajukan cicilan 6 bulan bakal diterima semua.

Nah, agar kamu tidak ditolak saat mengajukan cicilan. Akan lebih baik jika kamu tahu terlebih dahulu, apakah kamu sudah bisa mencapai syarat-syaratnya adalah belum. Apa saja yang bisa menandakan bahwa pengajuan kamu tidak akan ditolak? Yuk, kita simak bersama.

1. Bukan Warga Negara Asing (WNA)

Syarat ini mutlak ya, jika pengajuan cicilan lewat fintech dalam negeri kamu ingin diterima. Untuk bisa mendapatkan persetujuan, maka kamu harus berstatus sebagai warga negara Indonesia. Bisa dibuktikan dengan kepemilikan KTP, SIM, Paspor atau dokumen lainnya. 

Jika kamu berada di Indonesia, maka perusahaan penyedia hanya mau memberikan pinjaman online kepada warga negara yang berdomisili di Indonesia saja. Bahkan ada beberapa perusahaan tertentu yang hanya bisa memberikan dengan dasar radius kota tertentu dari tempat kantor mereka berada. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pemantauan ketika terjadi hal-hal yang tidak terduga.

2. Berumur Minimal 18 Tahun

Jika kamu sudah berumur minimal 18 tahun, maka kemungkinan untuk disetujui ketika mengajukan cicilan 6 bulan, akan lebih besar. Kenapa begitu? Karena asumsinya di rentang usia ini, kamu sudah bisa mengambil keputusan dengan lebih bijak, dan biasanya juga di umur ini sudah mulai memiliki pekerjaan atau pendapatan tetap per bulan.

Beberapa perusahaan penyedia cicilan online, juga memberikan syarat batas usia antara 18-60 tahun, karena ini masih termasuk usia produktif. Untuk bab pekerjaan, akan menjadi pertimbangan khusus terkait dengan skema cicilan yang bisa kamu ambil. 

Kredivo termasuk yang paling fleksibel soal syarat tersebut. Usia 18 tahun saat ini sudah banyak yang berorientasi pada karir dan pekerjaan. Bahkan ada yang sudah menjadi pengusaha maupun artis sejak usia muda. Alasan ini menjadi salah satu dasar mengapa usia muda kini bisa mengajukan cicilan.

Cicilan lewat Kredivo termasuk paling fleksibel dengan rentang antara 3,6 sampai dengan 12 bulan. Bunganya paling rendah diantara perusahaan sejenis dengan bunga 2,6% per bulan. Limit cicilan yang diberikan pun hingga Rp30 juta, bagi member premium.

3. Memiliki Penghasilan Bulanan

Jelas ya untuk bagian ini. Jika kamu tidak punya penghasilan bulanan, bagaimana nanti kamu akan membayar cicilannya? 

Nah, jika kamu punya penghasilan di atas UMR, maka peluang pengajuan cicilan akan semakin mudah untuk diterima. Karena jika penghasilannya masih di bawah UMR, tentunya akan muncul banyak sekali pertimbangan dari penyedia jasa keuangan. 

Untuk memudahkan dan mempercepat proses pengaktifan, kamu bisa menyertakan slip gaji atau keterangan penghasilan dari kantor tempat kamu bekerja.

4. Punya Rekening Bank Atas Nama Pribadi

Rekening atas nama pribadi ini mutlak harus ada ya. Sebab, jika pengajuan diterima, maka dana akan ditransfer ke rekening sesuai dengan nama debitur. Tidak diperkenankan untuk menggunakan rekening orang lain.

5. Punya Email dan Kontak Aktif

Di zaman sekarang ini, kebutuhan akan email dan kontak yang bisa dihubungi menjadi sangat penting. Pihak perusahaan akan mengirimkan tagihan melalui email dan kontak yang aktif. Tentunya email dan kontak aktif sangat penting untuk memastikan bahwa kamu mudah untuk dihubungi dan juga fast respon. Sebab jika kamu sulit dihubungi, kemungkinan besar pengajuan akan ditolak. 

Jika kamu memang hendak melakukan pengajuan cicilan online, maka perhatikan dulu 5 hal di atas ya, agar pengajuan lebih mudah untuk disetujui. Jika dokumen sudah lengkap semua, maka biasanya untuk pencairan dana yang kamu butuhkan tidak membutuhkan waktu lama.