AC MOBIL KIA

Mengenali Sebab AC Mobil KIA Hanya Keluar Angin

Ada beberapa sebab atau kemungkinan kerusakan pada AC Mobil KIA yang hanya keluar angin. Kondisi ini memang mengakibatkan AC MOBIL KOREA kurang dingin terutama ketika suhu sangat panas. Pengendara jelas tak akan nyaman, terutama pada udara tropis di Indonesia dimana suhunya terbilang tinggi.

Sebelum membawa ke bengkel, ada beberapa langkah mudah yang mungkin bisa dilakukan pengguna. Namun perlu diingat ini dilakukan hanya pada kasus ringan saja, jika kasusnya berat maka membawa ke bengkel adalah langkah terbaik.

Faktor Penyebab AC Mobil Korea Kia Hanya Keluar Angin

Jika melihat fungsinya, AC tentu memberi kenyamanan  berkendara. Oleh sebab itu, memperbaiki dan  mengenali sebabnya harus dengan cepat dilakukan. Berikut ini beberapa kemungkinan kerusakan:

Freon Mobil Korea Tak Berfungsi

Freon merupakan bahan yang digunakan untuk memindahkan panas udara masuk ke dalam kabin. Benda ini sering digunakan jenis R-134a yang sangat aman dan tidak merusak ozon. Kendati demikian, ada kemungkinan pemanasan global jika bocor ke atmosfer. Fungsinya terbilang vital, karena jika rusak maka pertukaran udara tidak terjadi sehingga suhu akan tetap tinggi.

Perlu diingat, jika freon kurang maka penyerapan panas tidak akan maksimal dan jika dibiarkan freon akan habis. Ini terjadi karena gas yang terkandung di dalamnya menguap. Akibatnya, saat terjadi kebocoran sedikit saja maka seluruh freon dalam sistem AC akan hilang.

Inilah yang membuat penyerapan panas tidak terjadi saat Anda menyalakan AC. Udara memang keluar, namun suhu mobil tetap sama malah mengeluarkan udara yang panas. Sebagai pengguna, Anda bisa memeriksa freon melalui sight glass yang berada di dekat dryer.

Jika AC sedang hidup akan terlihat gelembung yang berarti freon masih ada dalam saluran AC. Solusi yang bisa dilakukan adalah membawa mobil langsung ke tempat bengkel untuk penanganan.

Kopling Kompresor Mobil Korea Mati

Kopling kompresor berguna sebagaimana kopling transmisi, untuk memutuskan sekaligus menghubungkan putaran. Kendati demikian, yang diolah adalah pullet kompresor pada poros AC. Penempatan inilah yang membuat kompresor tak dapat bekerja optimal. Akibatnya, saat tekanan freon sudah maksimal kompresor malah berhenti dan tidak menurunkan RPM mesin.

Ada gaya magnet yang terkandung dalam kopling, jika tidak bekerja maka kompresor AC tak akan terhubung ke pulley dan menahan perpindahan panas sehingga hembusan angin dari AC tidak dingin sama sekali.

Untuk memeriksa kondisi ini, Anda bisa langsung melihat kerja kompresor sambil menyalakan mesin dan AC. Umumnya, ketika keduanya dinyalakan akan muncul suara kencang ditambah RPM mesin. Jika suara ini tidak muncul maka kemungkinan kopling kompresor sudah rusak.

Kipas Pendingin Mobil Korea Tidak Berfungsi

Ada banyak fungsi pada kipas pendingin, selain mendinginkan mesin tentunya. Kipas juga bekerja mendinginkan kondensor AC hingga kinerja kipas pendingin bakal mempengaruhi perpindahan panas oleh freon.

Jika kipas ini mati, maka jelas freon tak akan bisa didinginkan membuat suhu tetap tinggi walaupun sudah bersirkulasi. Akibatnya, AC menjadi kurang terasa, dan ketika lama tak digunakan maka hembusan akan tambah panas.

Jika kondisi ini terjadi tiba-tiba saat perjalanan, maka pinggirkan mobil sebentar, buka kap agar suhu mesin kembali normal. Namun jika kondisi tetap sama berarti ada sejumlah prosedur yang harus dilakukan.

Cek rangkaian fuse dan relay, jika normal maka periksa lagi kipas. Proses ini sebenarnya butuh alat khusus sehingga alternatif terbaik adalah membawa langsung ke bengkel.

Itulah beberapa sebab AC Mobil KIA hanya keluar angin, beberapa mungkin bisa diatasi langsung, namun jika memungkinkan bawalah ke bengkel sekaligus memeriksa jika ada kemungkinan kerusakan pada komponen lainnya.

ac mobil kia