Dikenal Sebagai Raja Strategi Aneh, Shin Tae Yong Justru Membantu Timnas Juara Piala AFF 2020

shin tae yong x480
source gambar : bolanusantara.com

 

Perbincangan hangat mengenai kemenangan timnas Indonesia melawan timnas Malaysia pada berita sepakbola indonesia terkini ternyata juga tidak lepas dari sensasi pelatih timnas Indonesia, yaitu Shin Tae Yong yang merupakan seorang pria asal Korea Selatan. Pasalnya, pelatih Indonesia yang satu ini memang dikenal sebagai seorang raja strategi yang aneh.

Panggilan tersebut tentu saja bukan karena tanpa sebab. Soalnya, memang Shin Tae Yong sendiri bisa memasang juru taktik yang menarik dan efektif karena tidak sama sekali memiliki formasi yang baku. Ditambah lagi, strategi tersebut juga tidak sama sekali memiliki pemain yang akan selalu diandalkan melalui adanya 11 susunan pemain awal timnas Indonesia pada piala AFF 2020.

Akan tetapi, karena adanya keunikan tersebut, justru timnas Indonesia malah menjadi salah satu tim yang diperhitungkan pada Piala AFF 2020. Hal ini dikarenakan adanya perubahan strategi yang telah dilakukan oleh Shin Tae Yong sehingga setiap taktik yang dilakukan timnas Indonesia dari pertandingan ke pertandingan lain sulit untuk dibaca oleh lawan. Kita pun bisa langsung melihat berdasarkan daftar line up pada timnas Indonesia ketika melawan Kamboja, Laos, Vietnam, serta Malaysia pada saat fase grup B piala AFF 2020.

Pada keempat laga tersebut, ada 11 pemain awal yang akan diturunkan Shin Tae Yong. Dan pemain-pemain tersebut tidaklah pernah sama. Belum lagi, pola permainan oleh Shin Tae Yong pun selalu mengalami perubahan, ada yang menggunakan formasi 4-2-3-1, 4-3-3, 4-1-4-1, 4-5-1, serta 4-4-2. Perubahan-perubahan tersebut ternyata juga membuat pelatih Malaysia, yaitu Tan Cheng Hoe menjadi pusing. Hal inilah yang membuat timnas Indonesia pada akhirnya berhasil unggul atas Malaysia dengan skor 1-4.

Sementara itu, Cheng Hoe sendiri menjelaskan bahwa “Sebagai pelatih, saya bilang kepada pemain bahwa kita harus fleksibel dengan situasi. Kami tidak tahu Indonesia akan bermain dengan bertahan atau ofensif.” Penjelasan ini diberikan menjelang pertandingan antara timnas Indonesia melawan timnas Malaysia.

Ternyata, hal ini pun pada akhirnya menjadi pertanyaan. Pasalnya, ada banyak orang yang bertanya-tanya apakah nanti Shin Tae Yong pun akan menggunakan pendekatan strategi yang sama atau tidak dan apakah strategi tersebut akan membuat timnas Indonesia berhasil menjadi juara piala AFF 2020? Tentu saja, peluang tersebut akan selalu ada.

Bukan hanya itu saja, sensasi Shin Tae Yong pun juga menjadi banyak perbincangan. Pasalnya, media-media asal Korea Selatan pun kerap memprediksikan bahwa timnas Indonesia akan bisa lolos ke babak final piala AFF 2020. Sementara itu, pada partai puncak nanti, Indonesia juga diprediksi dapat melawan Vietnam.

Apabila Indonesia berhasil menjadi juara piala AFF 2020, keyakinan timnas pun akan lebih terbuka untuk menapaki langkah yang lebih tinggi lagi. Pasalnya, apda 8-14 Juni 2022 nanti, timnas Indonesia pun akan masuk pada babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023. Tentu saja, peluang ini sangatlah banyak mengingat timnas Indonesia memiliki prestasi yang bagus.

Di samping itu, Shin Tae Yong pun juga telah mengetahui bagaimana cara agar dirinya bisa terus mengembangkan kemampuan yang dimiliki oleh tim Indonesia. Makanya, tidak heran apabila skuad Garuda telah diprediksi untuk dibela oleh empat pemain keturunan tambahan pada babak ketiga di kualifikasi Piala Asia 2023. Sementara itu, PSSI sendiri pun saat ini sedang melakukan naturalisasi pada empat pemain yang merupakan keturunan Eropa, yaitu Kevin DIks, Sandy Walsh, Jordi Amat, serta Mees Hilgers. Itulah berita sepakbola indonesia terkini di ajang piala AFF 2020 dan internasional.