Inilah Solusi Untuk Kopling Mobil Yang Berat

Kopling mobil memiliki fungsi yang sangat penting karena setiap kali digunakan untuk memindahkan transmisi gіgі, ketika kita menginjak pedal kopling, daya dari mesin ke transmisi akan terputus dan kita tidak bisa melepaskannya tuas pos saat tidak bekerja dengan lembut dan perlahan.

Nah, terkadang kita menjumpai mobil yang mengayuh pedal kopling terasa berat atau terasa sulit untuk dinaiki atau lebih keras dari mobil lain dengan varian yang sama, misalnya mobil saya saat ini memiliki kopling yang lebih panjang, yang kopling kita. Dilansir dari www.mobilku.org karena kopling ini sering kita pakai, kalau ada sedikit gangguan rasanya perih, cukup bahaya kalau kita menanjak kita pakai 2 mobil, kurang kuat ngelag, padahal ternyata mau digeser 1 saat kita ganti pedalnya. Ujung-ujungnya, jika kita gagal menggerakkan mobil, mobil bisa mundur dan terguling.

Penyebab kopling terasa berat bisa bermacam-macam karena komponen yang ada di kopling juga cukup banyak, yang jelas komponen rusak/aus/tua:

  1. Plat kopling rata.

Plat kopling ini akan mengecil karena pemakaian, semakin sering dipakai atau semakin tua umur mobil dipakai, pemakaian umumnya semakin lama dan salah satu komponen yang aus adalah plat kopling. Plat kopling yang terjepit akan menyebabkan bentuk pegas diafragma menonjol keluar, saat pegas matahari mengembang maka dibutuhkan tenaga yang lebih besar untuk mendorong matahari/diafragma, semakin besar gaya yang dibutuhkan menyebabkan pedal kopling terasa lebih berat.

Solusі: ganti plat kopling

  1. Pelumas kering

Pada sliding bearing sebenarnya sudah dilumasi, masih akan sering digunakan, sehingga grease/pelumas pada release bearing dapat mengering/mengeras, hal ini dapat diperparah dengan adanya serpihan logam akibat keausan plat kopling yang menempel pada gemuk. /pelumas kursi bantalan pelepas. Jika kondisi ini terjadi, pergerakan dari release bear akan terganggu dan pedal kopling akan terasa berat pada awalnya.

Solusinya: bersihkan dan oleskan gemuk atau pelumas pada dudukan bantalan kopling

  1. Lapisan kopling sudah aus.

Kampas kopling yang merupakan komponen yang bisa aus karena pemakaian, semakin sering kopling dipakai maka kopling akan semakin kencang, jika kopling kencang tandanya pedal kencang saat dilepas membuat mobil bergerak. Jika saja kampas kopling tidak segera diganti dan kondisinya mantap, maka kampas kopling yang sudah jadi akan membakar pelat kopling dan kopling atau pedal kopling yang kencang tidak bisa diinjak, sangat berbahaya jika tidak cukup lama.

Solusinya ganti kampas kopling, cek ke bengkel dulu apakah benar kampas koplingnya kencang atau hanya settingan kopling saja yang menyebabkan pedal kopling kencang, jika kopling benar-benar kencang, ganti sebelum kencang kopling terjadi.