Jenis-Jenis Tomat dan Manfaatnya

Tomat Beef

Tomat hadir dalam berbagai jenis, namun kandungan nutrisi yang dimiliki tidak terlalu berbeda jauh. Antioksidan pada tomat membantu untuk melawan penyakit-penyakit mematikan seperti kanker, diabetes, serangan jantung, dan lainnya.

Kamu mungkin terkejut jika mengetahui fakta bahwa tomat adalah buah yang rendah kalori dan tinggi nutrisi. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih, kamu dapat jadikan tomat tw sebagai menu harianmu dan diolah dengan berbagai cara, seperti langsung dimakan saat segar atau dijadikan saos.

Jenis-Jenis Tomat

Tomat memiliki banyak jenis dengan ciri khas-nya masing-masing. Ada jenis tomat yang khusus untuk sayur, untuk sambal, untuk camilan, dan sebagainya. Dibawah ini adalah jenis-jenis tomat yang ada di Indonesia.

  1. Tomat anggur memiliki bentuk kecil seperti anggur dan mengandung kadar air yang rendah, coock untuk dijadikan salad atau dimakan langsung.
  2. Tomat ceri berukuran sedikit lebih besar daripada tomat anggur dengan kadar air yang cukup tinggi, cocok untuk dimakan langsung atau dijadikan salad.
  3. Tomat roma berukuran kecil dengan rasa manis dan berair, cocok dijadikan saos.
  4. Tomat bistik berukuran cukup besar dan cenderung berair dengan rasa sedikit manis. Biasanya menjadi campuran burger, sandwhich, hingga saos.
  5. Tomat apel memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dengan tektur padat dan rasa yang cenderung manis, cocok dijadikan salad buah atau jus.
  6. Tomat pusaka hadir dalam varian warna yang berbeda seperti merah, kuning, dan hijau. Rasanya lebih manis dibandingkan jenis tomat lainnya, cocok dijadikan saos.

Tomat dapat dijadikan sayur atau buah, tergantung kebutuhan. Siapa yang menyangka kalau buah kecil dengan harga yang murah ini mengandung banyak sekali manfaat bagi tubuh kita. Dibawah ini adalah macam-macam kebaikan tomat.

Merawat Kulit

Kandungan likopen yang tinggi pada tomat dapat berfungsi sebagai ‘pembersih’ untuk meredahkan jerawat yang meradang dan mencerahkan wajah.

Mencegah Kanker

Likopen pada tomat juga dapat mencegah tumbuhnya sel kanker pada prostat, kolorektal, dan perut.

Menguatkan Tulang

Tomat memiliki kandungan kalsium dan vitamin K yang penting untuk menyehatkan tulang dan mengatasi kerusakan pada tulang.

Memperbaiki Kerusakan Sel Akibat Merokok

Tomat dapat mengurangi sejumlah kerusakan yang disebabkan oleh rokok, terutama paru-paru. Kandungan asam kumarat dan asam klorogenat berfungsi untuk melindungi tubuh dari bahaya karsinogen yang dihasilkan oleh asap rokok.

Sebagai Sumber Antioksidan

Jumlah vitamin A, vitamin C, dan beta-karoten pada tomat membantu menetralkan darah dari zat-zat berbahaya karena radikal bebas dan mencegah kerusakan sel.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan vitamin B dan kalium pada tomat berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah, mencegah stroke, dan mengatasi penyakit jantung.

Mejaga Keindahan Rambut

Tomat mengadung vitamin A yang bekerja untuk menjaga rambut tetap berkilau dan kuat.

Menjaga Kesehatan Mata

Tomat kaya akan vitamin A yang dapat meningkatkan daya penglihatan dan mencegah/menurunkan kebutaan pada malam hari.

Mengontrol Gula Darah

Tomat mengandung mineral yang disebut kromium, secara efektif berfungsi untuk menjaga kadar gula darah dengan kontrol yang baik pada penderita diabetes.

Itulah ulasan mengenai jenis-jenis dan manfaat tomat. Untuk merasakan kebaikan tomat, pastikan kamu mengonsumsi buah ini setiap hari. Pilih tomat yang berkualitas agar kandungan vitaminnya penuh. Belanja buah bermutu hanya di TaniHub. Kami hanya mengirim buah-buah pilihan terbaik. Saat ini, kami menyediakan pengiriman di area Jabodetabek, Surabaya-Malang-Pasuruan, Yogyakarta-Solo-Semarang, dan Bali.